KegiatanNews

TEAM SAR GABUNGAN CARI WARGA TENGGELAM DISUNGAI KOMERING

Palembang – Seorang Pria dilaporkan hanyut dan tenggelam disungai Komering Kab. Ogan Komering Ilir Prov. Sumatera Selatan. Kepala Basarnas Palembang Hery Marantika, S.H, M.Si Menjelaskan bahwa pada Rabu (07/09) sekitar pukul 20.50 wib, Petugas Com Centre Basarnas palembang menerima informasi Bahwa telah terjadi Kondisi Membahayakan Manusia satu (1) Orang Pria hanyut dan tenggelam di sungai Komering desa Srinanti Kec. Pedamaran Kab. Ogan Komering Ilir atas nama Alamsyah (30 th/LK).

Untuk Kronologis kejadian sendiri berdasarkan informasi yang kami dapat dilapangan bahwa korban sekitar pukul 17.30 wib mandi disungai komering namun tiba tiba korban hanyut dan tenggelam terbawa derasnya arus sungai komering jelas herry.

Berdasarkan informasi tersebut, sekira pukul 21.05 Wib Hery memerintahkan Satu Team Rescue’nya yang berjumlah 8 orang berangkat menuju lokasi kejadian dengan menggunakan kendaraan Truck Personil. selain menerjunkan personil, peralatan seperti Rubber Boat, aQua Eye, alat selam, peralatan medis, komunikasi dan evakuasi juga ikut diterjunkan, hal ini dilakukan guna menunjang Berhasilnya pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan (Operasi SAR) Ujarnya.

Herry juga menjelaskan Untuk Pencarian akan kita lakukan besok pagi dikarenakan saat ini sudah malam dan tidak direkomendasikan melakukan operasi SAR pada malam hari dikarenakan terlalu beresiko, pencarian sendiri akan lebih memfokuskan pencarian disekitar lokasi kejadian serta akan Mengkoordinir seluruh unsur SAR gabungan yang berada dilokasi Seperti TNI/Polri, Pemda Setempat, bahkan Pihak Medis terdekat serta Unsur SAR lainnya. Metode Pencariannya sendiri selain dengan membagi Team SAR Gabungan Menjadi beberapa SRU (SAR Unit) dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Untuk metode Pencarian akan kita bagi menjadi beberapa metode seperti, penyisiran permukaan sungai menggunakan perahu karet, selain itu kita akan menggunakan peralatan aQua eye untuk mendeteksi keberadaan korban, melakukan circle (ombak buatan) dengan menggunakan perahu karet ditempat tempat yang dicurigai adanya korban serta jika dimungkinkan Penyelaman juga akan kita lakukan Terang Herry.

BACA JUGA  KUNJUNGAN KERJA KOMISI IV DPRD BABEL KE BASARNAS PALEMBANG

Semoga dengan berbagai upaya ini serta didukung dengan banyaknya personil yang ikut membantu dalam proses pencarian ini mudah-mudahan korban dapat segera ditemukan, serta Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat marilah kita sama sama, membiasakan hidup yang selalu mengutamakan keselamatan baik secara perorangan maupun secara bersama sama pungkas Hery

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button