KegiatanMateriNewsPOS

Peningkatan Kesiapsiagaan Di Bidang Urban SAR , Basarnas Sumsel LaksanakanTraining Exercise Nasional Accreditation Procces (NAP)

Basarnas Sumsel ditunjuk dalam Kegiatan Training Exercise (NAP) Nasional accreditation Procces. Upaya untuk menyamakan metode operasi di wilayah Urban (USAR) yang dilaksanakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan yang ada di wilayah Indonesia melalui Program National Accreditation Process (NAP). NAP merupakan mekanisme /proses peningkatan kapasitas Tim Urban Search and Rescue (USAR) di Indonesia berdasarkan metodologi International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) dan merupakan salah satu program lanjutan untuk peningkatan kapasitas Basarnas yang diawali dengan pembentukan Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR)

Training Exercise NAP (National Accreditation Procces) ini akan berlangsung selama 4 (Empat) Hari dimulai tanggal 11 S.d 13 Juli 2023 bertempat di Lingkungan Basarnas Palembang.diikuti masing-masing komponen management,operasi,medis dan Logistik. Dengan ada 9 (sembilan) orang berasal dari Kantor Pusat Basarnas yang diketuai oleh bapak Emi Frizer, S,E. M.M yang beranggotakan 8 (delapan) orang sudah berlisensi INSARAG sesuai komponen bidangnya masing-masing.

Kegiatan Training Exercise ini dibuka langsung oleh bapak Kasubdit RPDO dan Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) Bapak Emi Frizer Frizer, SE, M.M di aula serbaguna Kantor Basarnas Sumsel ( Selasa 11, Juli 2023) pukul 09.30 . Dalam sambutan nya kedatangan tim NAP dari kantor pusat Basarnas adalah untuk menyamakan persepsi, pengembangan dan peningkatan tim NAP Basarnas Sumsel dalam pelaksanaan Operasi SAR di bidang Urban SAR sehingga setelah dilaksanakan kegiatan ini akan dilakukan (Assesment) kembali oleh Assesor

Kepala Basarnas Sumsel Hery Marantika S,H M.SI menambahkan tujuan diselenggarakan Training Exercise NAP ini adalah guna Meningkatkan kualitas sumber daya dan manusia Pencarian dan Pertolongan sehingga Terciptanya Tim yang Berkompeten di Bidang Urban SAR (Pungkas Hery).

Adapun materi dalam Materi Training Exercise NAP ini terdiri dari Assesment search and rescue levels, FSA (Forwaging Staging Area), Search, Cutting And Breaking, dan Rope Rescue.

BACA JUGA  Menjelang Natal 2023 Dan Tahun Baru 2024, Basarnas Palembang Laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan

Hery berpesan agar Tim NAP Basarnas sumsel dapat melaksanakan kegiatan dengan serius, safety dalam bekerja, melaksanakan instruksi yang diberikan oleh ketua komponen, mampu mengaplikasikan kegiatan dengan baik agar dapat memberikan Output dengan maksimal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button